KONDISI SEKOLAH
A. LOKASI DAN STATUS SEKOLAH
1.
Nama
Sekolah
|
: SMP NEGERI 3 CANDI SIDOARJO
|
||
2.
Nomor
Statistik Sekolah
|
: 201050203167
|
||
3.
Tipe
Sekolah
|
: A = 27
|
A1 = 24
|
A2 = 21
|
: B = 18
|
B1 = 15
|
B2 = 12
|
|
: C = 9
|
C1 = 6
|
C2 = 3
|
|
4.
Alamat
Sekolah
|
:
|
||
a. Desa
|
: Sugihwaras
|
||
b. Kecamatan
|
: Candi
|
||
c. Kabupaten
|
: Sidoarjo
|
||
5.
Telepon/
Faximil/ HP
|
: 031-8953376
|
||
6.
Status
Sekolah
|
: Negeri
|
||
7.
Status
Pembinaan
|
:
|
||
8.
Luas Lahan
|
: 6.000 m2
|
||
9.
Status
Kepemilikan
|
: Hibah
|
||
10. Nama Kepala Sekolah
|
: Siti Latifah, S.Pd, M.Pd
|
||
11. Pendidikan Terakhir
|
: S2
|
||
12. Masa Kerja Sebagai Kepala
Sekolah
|
: 0 tahun 11bulan
|
||
13. Nilai Akreditasi
|
: A
|
||
14. Jumlah Peserta UAN
|
: Tahun Pelajaran 2014/2015 = 210
|
||
15. Persentase Lulusan
|
: 100%
|
||
16. Data Jumlah Kelas/Rombel dan Peserta
didik :
|
No
|
Data Kelas
|
Jumlah
|
JUMLAH
|
Jumlah
|
JUMLAH
|
||
Kelas
|
Rombel
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||||
1
|
VII
|
7
|
7
|
13
|
130
|
128
|
258
|
2
|
VIII
|
7
|
7
|
13
|
115
|
133
|
248
|
3
|
IX
|
6
|
6
|
12
|
91
|
119
|
210
|
TOTAL
|
20
|
20
|
38
|
334
|
380
|
716
|
1 17. Jenjang Pendidikan dan Status
Guru
No
|
Tingkat Pendidikan
|
Status Guru
|
Jumlah
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
||
GT
|
GTT
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||||
1
|
S2
|
4
|
-
|
4
|
2
|
2
|
4
|
2
|
S1
|
30
|
1
|
31
|
12
|
19
|
31
|
3
|
D4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
D3/Sarmud
|
1
|
-
|
1
|
1
|
-
|
1
|
|
D2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
D1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
SMA
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
1
|
|
JUMLAH
|
35
|
2
|
37
|
16
|
21
|
37
|
|
18. Rata-rata Beban Mengajar : 24 jam pelajaran
|
|||||||
19. Data Jumlah Guru dan
Statusnya :
|
No
|
Mata Pelajaran
|
Jumlah Guru
|
Status Guru
|
|||
PNS
|
GTT
|
Bantu
|
Honor
|
|||
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
Pendidikan Agama Kristen
|
1
|
-
|
1
|
|||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Bahasa Inggris
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Matematika
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
6
|
IPA
|
6
|
6
|
-
|
-
|
-
|
7
|
IPS
|
5
|
5
|
-
|
-
|
-
|
8
|
Seni Budaya
|
2
|
1
|
1
|
-
|
-
|
9
|
Penjaskes
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
10
|
Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK)
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
Muatan Lokal :
|
||||||
11
|
Bahasa Jawa
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
12
|
Baca Tulis Al-Qur’an
|
1
|
-
|
1
|
-
|
-
|
13
|
Ketrampilan Tata Boga
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
14
|
Bimbingan Konseling (BK)
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
JUMLAH
|
37
|
34
|
3
|
0
|
0
|
2 20. Jenjang Pendidikan Tenaga
Kependidikan dan Statusnya
No
|
Tingkat Pendidikan
|
Status Kepegawaian
|
Jumlah
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
||
PNS
|
PTT
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||||
1
|
S2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2
|
S1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
1
|
2
|
D3/Sarmud
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
D2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
D1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
SMA
|
2
|
3
|
5
|
4
|
1
|
5
|
|
SMP
|
1
|
1
|
2
|
2
|
-
|
2
|
|
1
|
1
|
2
|
2
|
-
|
2
|
||
JUMLAH
|
5
|
6
|
11
|
9
|
2
|
11
|
2 21. Tenaga Perpustakaan dan
Laboratorium :
No
|
Jenis Tenaga
|
Status
|
Jenis Kelamin
|
Tingkat Pendidikan
|
JUMLAH
|
||
PNS
|
Honor
|
Lk
|
Pr
|
||||
1
|
Tenaga Perpustaan
|
-
|
1
|
1
|
-
|
SMA
|
1
|
2
|
Tenaga Lab.IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Tenaga Lab.Komputer
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Tenaga Lab.Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
TOTAL
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
1
|
2 22. Buku Perpustakaan
No
|
Jenis Buku
|
Jumlah
|
Keterangan
|
|
Judul Buku
|
Eksemplar Buku
|
|||
1
|
Buku Paket
|
18
|
3.576
|
Baik
|
2
|
Buku Bacaan
|
175
|
468
|
Baik
|
3
|
Buku Referensi
|
8
|
49
|
Baik
|
JUMLAH
|
201
|
4.093
|
23. Kepemilikan Ruang Belajar, Ruang
Kantor, Ruang Penunjang, dan Sarana Penunjang
No
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
|
Ukuran
|
Kondisi
Ruangan/Bangunan
|
||
(
p x l )
|
B
|
CB
|
TB
|
|||
A
|
RUANG BELAJAR
|
|||||
1
|
Ruang Kelas
|
20
|
9 x 7
|
17
|
-
|
3
|
2
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
12 x 7
|
-
|
-
|
√
|
3
|
Ruang Laboratorium Bahasa
|
1
|
9 x 7
|
-
|
√
|
-
|
4
|
Ruang Laboratorium IPA
|
1
|
15 x 11
|
√
|
-
|
-
|
5
|
Ruang Laboratorium Komputer (TIK)
|
1
|
9 x 7
|
√
|
-
|
-
|
6
|
Ruang Kesenian
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Ruang Keterampilan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
Ruang Aula / Serbaguna
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
9
|
Ruang Multi Media
|
1
|
15 x 11
|
√
|
-
|
-
|
B
|
RUANG KANTOR
|
|||||
1
|
Ruang
Kepala Sekolah
|
1
|
6 x 5
|
√
|
-
|
-
|
2
|
Ruang
Wakil Kepala Sekolah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
3
|
Ruang
Guru
|
1
|
14 x 7
|
√
|
-
|
-
|
4
|
Ruang
Tata Usaha
|
1
|
8 x 7
|
√
|
-
|
-
|
5
|
Ruang
Komite Sekolah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C
|
RUANG
PENUNJANG
|
|||||
1
|
Ruang Gudang
|
6
|
2 x 3
|
√
|
-
|
-
|
2
|
Ruang Bimbingan & Konseling
|
1
|
3 x 6
|
√
|
-
|
-
|
3
|
Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS)
|
1
|
3 x 3
|
√
|
-
|
-
|
4
|
Ruang Pramuka/PMR
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
5
|
Ruang OSIS / PASKIBRA
|
1
|
3 x 6
|
√
|
-
|
-
|
6
|
Ruang Ibadah / Mushola
|
1
|
8 x 8
|
√
|
-
|
-
|
7
|
Ruang Toilet Kasek/Kamar Mandi
|
1
|
2 x 1,5
|
√
|
-
|
-
|
8
|
Ruang Toilet Guru/ Kamar Mandi
|
2
|
2 x 1,5
|
√
|
-
|
-
|
9
|
Ruang Toilet Peserta didik/Kamar Mandi
|
8
|
2 x 1,5
|
√
|
-
|
-
|
10
|
Ruang Koperasi
|
1
|
5 x 5
|
√
|
-
|
-
|
11
|
Ruang Kantin
|
1
|
4 x 21
|
√
|
-
|
-
|
13
|
Ruang Pos Keamanan
|
1
|
2 x 2
|
√
|
-
|
-
|
D
|
SARANA
PENUNJANG
|
|||||
1
|
Luas
Lapangan Olah Raga
|
|||||
a.
Lapangan Sepak Bola
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Lapangan Bola Volly
|
1
|
13 x 10
|
√
|
-
|
-
|
|
c.
Lapangan Bulu Tangkis
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2
|
Luas
Lapangan Upacara
|
-
|
30 x 20
|
√
|
-
|
-
|
3
|
Tempat
Parkir
|
2
|
60 x 5
|
√
|
-
|
-
|
Keterangan :
B = Baik
CB = Cukup Baik
TB = Tidak Baik
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo
menerapkan proses pembelajaran kooperatif dan kontektual dengan berbasis IMTAQ,
IPTEK dan Ramah Lingkungan. Proses pembelajaran tidak selalu dilaksanakan di
dalam kelas. Untuk mengkongkritkan proses pembelajaran, peserta didik diajak
untuk mengamati dan mempelajari materi yang sedang dipelajarinya. Misalnya peserta
didik diajak untuk mengamati kehidupan flora dan fauna di biota laut yang hidup
di sekitar pantai. Peserta didik juga melakukan pengamatan dan dilatih melakukan
kegiatan di alam bebas (out bond). Program tersebut bertujuan mengembangkan
potensi, kreatifitas, inovasi dan rasa empati peserta didik terhadap sesama
serta lingkungan sekitarnya.
SMP Negeri 3 Candi mengembangkan
proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sedangkan guru hanya
sebagai fasilitator saja. Peserta didik sebagai subyek didik memiliki hak secara
penuh untuk mengembangkan potensi, kreatifitas dan inovasi di dalam proses
pembelajaran. Lingkungan tempat belajar, masyarakat sekitar, dunia usaha dan
alam sekitar menjadi media belajar yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan
potensinya dalam proses pembelajaran. Model bangunan, model susunan tempat
duduk, model susunan meja belajar didesain sesuai dengan perkembangan psikologi
peserta didik. Perihal di atas diadakan untuk memfasilitasi, memberikan
kenyamanan pada peserta didik dalam mengoptimalkan potensi belajarnya dan peserta
didik menjadi tahan dalam belajarnya, karena sekolah menjadi rumah kedua baginya.
Sebagai tempat belajar, SMP
Negeri 3 Candi memiliki konsep belajar sebagai berikut:
1.
Sekolah
yang Tidak Membebani
Sekolah
dirancang sebagai tempat belajar yang tidak membebani peserta didik, membuat
mereka menjadi riang, senang dan tahan dalam belajar. Proses pembelajaran menggunakan
metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif yaitu integrated learning, joyful
learning, contextual teaching and learning dan cooperative learning.
2.
Sebagai
Proses Magang
Keberhasilan
sekolah bukan terletak pada tingginya nilai rapot atau ijazah tetapi
keberhasilan sekolah diukur dari kesuksesan peserta didik setelah terjun di
masyarakat kelak. Guna menyongsong masa depan peserta didik, maka SMP Negeri 3
Candi Sidoarjo membekali peserta didik dengan keterampilan hidup/life skill
agar mereka nantinya dapat mandiri di tengah-tengah masyarakat, termasuk juga
di dalamnya pendidikan karakter bangsa. Hal ini penting untuk membentengi
mereka dari pengaruh budaya-budaya dari luar yang tidak sesuai dengan
kepribadian dan budaya bangsa Indonesia.
3.
Menumbuhkan
Rasa Ke-Bhineka-Tunggal-Ekaan
Setiap
peserta didik adalah sebagai makhluk individu yang memiliki perbedaan, maka
dengan perbedaan tersebut memiliki keunikan masing-masing yang harus dihargai.
Sebagai bentuk penghargaan atas perbedaan tersebut, SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo
mewujudkannya dalam bentuk metode pembelajaran yang dapat mengakomodasi semua
perbedaan. Sehingga peserta didik diberi kebebasan dalam mengaktualisasi
potensinya dalam berbagai bidang, misalnya dibidang seni budaya, dibidang
ekonomi, dibidang olahraga dan kesehatan, dibidang politik dan dibidang
pertahanan dan keamanan.
4.
Terampil
Mengolah Informasi
Dalam
proses pembelajaran SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo selalu mengajak para peserta
didik untuk belajar menangkap informasi, kemudian mengolahnya dan mengkomunikasikan
kembali informasi yang telah diolah tersebut menjadi informasi baru. Kemampuan
untuk memadukan dua atau lebih informasi menjadi informasi baru merupakan
bentuk latihan dalam menghadapi persoalan kehidupan sehari-hari. Sering
kitadihadapkan pada beberapa persoalan hidup yang harus segera dapat
diselesaikan jalan keluarnya. Jika peserta didik sudah terlatih dan terbiasa
menyelesaikan permasalahannya sendiri sejak di bangku sekolah,maka mereka
nantinya akan menjadi manusia-manusia yang mandiri tahan dan ulet dalam menghadapi
segala persoalan kehidupanya.
C. KONDISIPESERTA DIDIKDAN ORANG TUA
SMP
Negeri 3 Candi dalam mengembangkan kemampuan peserta didik mengelompokkan jenis
kemampuan menjadi dua yakni kemampuan akademik dan kemampuan non akademik.Untuk
pengembangan kedua kemampuan ini sekolah sering melibatkan orang tua peserta
didik dalam pelaksanaannya. Misalnya dalam kegiatan keagamaan yang berupa PHBI
(Peringatan Hari Besar Agama Islam), pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana
untuk kelancaran kegiatan pembelajaran.Peningkatan mutu pendidikan yang berupa
Bimbel (Bimbingan Belajar), kegiatan out door learning (pembelajaran di luar sekolah),
pengembangan diri (kegiatan ekstrakurikuler).
Bentuk
kerjasama sekolah dengan orang tua peserta didik dalam hal ini dapat berupa
pembiayaan (penyandang dana), sebagai nara sumberdalam kegiatan keagamaandan
lain-lain kegiatan yang rutin dilakukan.
D. MASYARAKAT SEKITAR SEKOLAH
SMP
Negeri 3 Candi terletak di komplek perumahan TNI AL, yang kondisi masyarakat
sekitarnya sudah terbiasa dengan kehidupan yang disiplin, tertib dan taat
terhadap peraturan yang ada.Sedangkan masyarakat di luar komplek perumahan
memiliki karakter yang agamis dan semangat kerja yang tinggi, sehingga kondisi
seperti ini banyak mempengaruhi suasana belajar di sekolah.
BAB II
POTENSI SMP NEGERI 3 CANDI
A.
SUMBER
DAYA ALAM
Sumber daya alam merupakan
potensi utama dalam pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup. Indonesia
merupakan salah satu negara yang memiliki potensi sumber daya alam dan sumber
daya manusia yang luar biasa besarnya. Pengelolaan kedua sumber daya ini dengan
baik dan benar merupakan jaminan atas kelangsungan hidup di masa mendatang.
SMP Negeri 3 Candi menempati
area seluas 6.000 m2 dengan alokasi 60% untuk lahan bangunan, 20%
untuk lahan halaman sekolah dan 20% untuk lahan hijau yang berupa taman
sekolah. Dengan lahan yang tidak luas ini, masih dapat digunakan sebagai modal
bagi kami untuk memberi peluang pada peserta didik memanfaatkan sebagai media
belajarnya. Kurikulum pembelajaran kami siapkan untuk mendekatkan dan
kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.
SMP Negeri 3 Candi secara
teratur melaksanakan kegiatan out door learning ke berbagai tempat baik di
dalam maupun di luar kota, sesuai dengan tujuan dan target pembelajaran.
Kegiatan out door learning ini, seperti kunjungan ke Taman Safari Prigen, Eco
Green Kota Batu menjadi salah satu tujuan dan program kerja SMP Negeri 3 Candi.
Masih banyak lagi tempat-tempat yang dikunjungi sebagai alternatif sumber
belajar. Sifat hubungan seperti ini sudah ditingkatkan menjadi hubungan kerja
sama yang lebih erat dan berkesinambungan.
B.
SUMBER
DAYA MANUSIA
Sumber daya manusia merupakan
sumber daya yang tidak kalah pentinya dalam mengelola lingkungan hidup di SMP
Negeri 3 Sidoarjo. Guru-guru yang berpotensi dan memiliki latar pendidikan yang
bervariasi, memberi peluang pada pendidikan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo untuk
berkembang lebih optimal dalam mengelola dan peduli terhadap lingkungan hidup. Pendekatan yang diterapkan pada peserta didik tidak hanya dari satu sudut pandang, namun bisa dikembangkan
menjadi beberapa pendekatan yang berbeda. Pembuatan batik jumput misalnya,
dapat dilihat dari sudut pandang saint, social, kewira usahaan, dan seni rupa.
Hal ini disebabkan para pengajar berani dalam berinovasi dan para peserta didik
berani untuk mencoba sesuatu yang baru.
Wali peserta didik/orang tua peserta didik SMPNegeri 3 Candi Sidoarjo
juga berperan penting dalam proses pembelajaran. Dengan variasi profesi yang
dimiliki, orang tua peserta didik sering diminta untuk menjadi mitra kerja atau membantu sarana dan prasarana untuk kelancaran proses
pembelajaran.
C. DAYA DUKUNG MASYARAKAT
Konsep pembelajaran selalu berusaha untuk belajar bersama masyarakat
merupakan salah satu bentuk unggulan metode pembelajaran di SMP negeri 3 Candi
Sidoarjo. Beberapa kali peserta didik dan guru bekerja sama dengan masyarakat
baik yang dekat maupun yang jauh dari wilayah
SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo. Misalnya
kegiatan bakti social dan kemasyakatandi Bulan Ramadhan berupa pembagian
zakat fitrah, infaq
dan sedekah pada masyarakat fakir-miskin, anak-anak yatim-piatu, panti asuhan
di sekitar sekolah,mengikuti pameran pendidikan serta
pembagian daging qurban di
Hari Raya Idul Adha merupakan kegiatan rutin tahunan yang di selenggarakan di SMPNegeri 3
Candi Sidoarjo. Kegiatan tersebut merupakan upaya sekolah dalam mewujudkan
hubungan yang baik antara warga sekolah dengan masyarakat di sekitarnya,
disamping itu sebagai pendidikan sosial kemasyarakatan bagi peserta didik. Kegiatan sosialisasi penanaman pohon dan pembibitan juga dilakukan dengan tujuan pelestarian
lingkungan. Baru-baru ini, beberapa peserta didik SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo dan PRAMUKA bekerja sama untuk
melakukan sosialisasi pelestarian lingkungan hidup di
sekitar sekolah.
D. DAYA DUKUNG PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO
Pemerintah
Kabupaten Sidoarjo mendukung penuh usaha yang dilakukan SMP Negeri 3 Candi
Sidoarjo dalam kepedulian terhadap lingkungan hidup. Bupati Sidoarjo telah
mengeluarkan SK Bupati nomor 58 Tahun 2008 dan surat keputusan Bupati
188/48/KEP/429.012/2007 tentang Tim Pelaksana Program Adiwiyata Kabupaten
Sidoarjo. Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo sangat gencar melakukan
pembinaan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo dengan tujuan agar sekolah binaannya
menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan hidup dan peduli terhadap lingkungan
hidup atau menjadi sekolah Adiwiyata.
Beberapa
bentuk kerja sama yang pernah dilakukan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo dengan
instansi yang terkait dengan lingkungan hidup antara lain Dinas Kebersihan dan
Pertamanan (DKP) Kabupaten
Sidoarjo, Badan
Lingkungan Hidup (BLH)Kabupaten
Sidoarjo,Puskesmas Candi, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sidoarjo dan Pemerintahan Desa Sugihwaras.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar