Newsticker ~ SELAMAT DATANG DI SMPN 3 CANDI ~ SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL FOLLOW FB / TWITTER : spentigacandi , Email : spentigacandi@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI WEBSITE SMPN 3 CANDI ~ BERIKAN SARAN DAN PESAN ANDA ~ DUKUNG SMPN 3 CANDI MENJADI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI ~ TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN SARAN ANDA KEPADA KAMI, SARAN DAN PESAN ANDA AKAN BERMANFAAT BAGI KAMI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA & KUALITAS PENDIDIKAN KAMI ~

PROFILE

KONDISI SEKOLAH


A. LOKASI DAN STATUS SEKOLAH
    1.      Nama Sekolah
: SMP NEGERI 3 CANDI SIDOARJO
    2.      Nomor Statistik Sekolah
: 201050203167
    3.      Tipe Sekolah
: A = 27
A1 = 24
A2 = 21

: B = 18
B1 = 15
B2 = 12

: C = 9
C1 = 6
C2 = 3
    4.      Alamat Sekolah
:
     a. Desa
: Sugihwaras
     b. Kecamatan
: Candi
     c. Kabupaten
: Sidoarjo
   5.      Telepon/ Faximil/ HP
: 031-8953376
   6.      Status Sekolah
: Negeri
   7.      Status Pembinaan
: Koalisi/ SSN/ Potensial/ Rintisan
   8.      Luas Lahan
: 6.000 m2
   9.      Status Kepemilikan
: Hibah
  10.  Nama Kepala Sekolah
: Siti Latifah, S.Pd, M.Pd
  11.  Pendidikan Terakhir
: S2
  12.  Masa Kerja Sebagai Kepala Sekolah
: 0 tahun 11bulan
  13.  Nilai Akreditasi
: A
  14.  Jumlah Peserta UAN
: Tahun Pelajaran 2014/2015 = 210
  15.  Persentase Lulusan
: 100%
  16.  Data Jumlah Kelas/Rombel dan Peserta didik  :

No
Data Kelas
Jumlah
JUMLAH
Jumlah
JUMLAH
Kelas
Rombel
Laki-laki
Perempuan
1
VII
7
7
13
130
128
258
2
VIII
7
7
13
115
133
248
3
IX
6
6
12
91
119
210

TOTAL
20
20
38
334
380
716



1  17.  Jenjang Pendidikan dan Status Guru

No
Tingkat Pendidikan
Status Guru
Jumlah
Jenis Kelamin
Jumlah
GT
GTT
Laki-laki
Perempuan
1
S2
4
-
4
2
2
4
2
S1
30
1
31
12
19
31
3
D4
-
-
-
-
-
-

D3/Sarmud
1
-
1
1
-
1

D2
-
-
-
-
-
-

D1
-
-
-
-
-
-

SMA
-
1
-
1
-
1

JUMLAH
35
2
37
16
21
37
  18.  Rata-rata Beban Mengajar            : 24 jam pelajaran
  19.  Data Jumlah Guru dan Statusnya  :

No
Mata Pelajaran
Jumlah Guru
Status Guru
PNS
GTT
Bantu
Honor
1
Pendidikan Agama Islam
2
2
-
-
-

Pendidikan Agama Kristen
1
-
1


2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
-
-
-
3
Bahasa Indonesia
4
4
-
-
-
4
Bahasa Inggris
3
3
-
-
-
5
Matematika
4
4
-
-
-
6
IPA
6
6
-
-
-
7
IPS
5
5
-
-
-
8
Seni Budaya
2
1
1
-
-
9
Penjaskes
2
2
-
-
-
10
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
1
1
-
-
-

Muatan Lokal :





11
Bahasa  Jawa
1
1
-
-
-
12
Baca Tulis Al-Qur’an
1
-
1
-
-
13
Ketrampilan Tata Boga
1
1
-
-
-
14
Bimbingan Konseling (BK)
2
2
-
-
-

JUMLAH
37
34
3
0
0


2  20.  Jenjang Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Statusnya

No
Tingkat Pendidikan
Status Kepegawaian
Jumlah
Jenis Kelamin
Jumlah
PNS
PTT
Laki-laki
Perempuan
1
S2
-
-
-
-
-

2
S1
1
1
2
1
1
2

D3/Sarmud
-
-
-
-
-
-

D2
-
-
-
-
-
-

D1
-
-
-
-
-
-

SMA
2
3
5
4
1
5

SMP
1
1
2
2
-
2


1
1
2
2
-
2

JUMLAH
5
6
11
9
2
11

21.  Tenaga Perpustakaan dan Laboratorium  :

No
Jenis Tenaga
Status
Jenis Kelamin
Tingkat Pendidikan
JUMLAH
PNS
Honor
Lk
Pr
1
Tenaga Perpustaan
-
1
1
-
SMA
1
2
Tenaga Lab.IPA
-
-
-
-
-
-
3
Tenaga Lab.Komputer
-
-
-
-
-
-
4
Tenaga Lab.Bahasa
-
-
-
-
-
-

TOTAL
-
1
1
-
-
1

22.  Buku Perpustakaan

No
Jenis Buku
Jumlah
Keterangan
Judul Buku
Eksemplar Buku
1
Buku Paket
18
3.576
Baik
2
Buku Bacaan
175
468
Baik
3
Buku Referensi
8
49
Baik

JUMLAH
201
4.093





23.  Kepemilikan Ruang Belajar, Ruang Kantor, Ruang Penunjang, dan Sarana Penunjang

No
Jenis Ruangan
Jumlah
Ukuran
Kondisi Ruangan/Bangunan
( p x l )
B
CB
TB
A
RUANG BELAJAR





1
Ruang Kelas
20
9 x 7
17
-
3
2
Ruang Perpustakaan
1
12 x 7
-
-
3
Ruang Laboratorium Bahasa
1
9 x 7
-
-
4
Ruang Laboratorium IPA
1
15 x 11
-
-
5
Ruang Laboratorium Komputer (TIK)
1
9 x 7
-
-
6
Ruang Kesenian
-
-
-
-
-
7
Ruang Keterampilan
-
-
-
-
-
8
Ruang Aula / Serbaguna
-
-
-
-
-
9
Ruang Multi Media
1
15 x 11
-
-
B
RUANG KANTOR





1
Ruang Kepala Sekolah
1
6 x 5
-
-
2
Ruang Wakil Kepala Sekolah
-
-

-
-
3
Ruang Guru
1
14 x 7
-
-
4
Ruang Tata Usaha
1
8 x 7
-
-
5
Ruang Komite Sekolah
-
-
-
-
-
C
RUANG PENUNJANG





1
Ruang Gudang
6
2 x 3
-
-
2
Ruang Bimbingan & Konseling
1
3 x 6
-
-
3
Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS)
1
3 x 3
-
-
4
Ruang Pramuka/PMR
-
-

-
-
5
Ruang OSIS / PASKIBRA
1
3 x 6
-
-
6
Ruang Ibadah / Mushola
1
8 x 8
-
-
7
Ruang Toilet Kasek/Kamar Mandi
1
2 x 1,5
-
-
8
Ruang Toilet Guru/ Kamar Mandi
2
2 x 1,5
-
-
9
Ruang Toilet Peserta didik/Kamar Mandi
8
2 x 1,5
-
-
10
Ruang Koperasi
1
5 x 5
-
-
11
Ruang Kantin
1
4 x 21
-
-
13
Ruang Pos Keamanan
1
2 x 2
-
-
D
SARANA PENUNJANG





1
Luas Lapangan Olah Raga






a. Lapangan Sepak Bola
-
-
-
-
-

b. Lapangan Bola Volly
1
13 x 10
-
-

c. Lapangan Bulu Tangkis
-
-
-
-
-
2
Luas Lapangan Upacara
-
30 x 20
-
-
3
Tempat Parkir
2
60 x 5
-
-

Keterangan :
B         = Baik
CB       = Cukup Baik
TB       = Tidak Baik

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo menerapkan proses pembelajaran kooperatif dan kontektual dengan berbasis IMTAQ, IPTEK dan Ramah Lingkungan. Proses pembelajaran tidak selalu dilaksanakan di dalam kelas. Untuk mengkongkritkan proses pembelajaran, peserta didik diajak untuk mengamati dan mempelajari materi yang sedang dipelajarinya. Misalnya peserta didik diajak untuk mengamati kehidupan flora dan fauna di biota laut yang hidup di sekitar pantai. Peserta didik juga melakukan pengamatan dan dilatih melakukan kegiatan di alam bebas (out bond). Program tersebut bertujuan mengembangkan potensi, kreatifitas, inovasi dan rasa empati peserta didik terhadap sesama serta lingkungan sekitarnya.
SMP Negeri 3 Candi mengembangkan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator saja. Peserta didik sebagai subyek didik memiliki hak secara penuh untuk mengembangkan potensi, kreatifitas dan inovasi di dalam proses pembelajaran. Lingkungan tempat belajar, masyarakat sekitar, dunia usaha dan alam sekitar menjadi media belajar yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan potensinya dalam proses pembelajaran. Model bangunan, model susunan tempat duduk, model susunan meja belajar didesain sesuai dengan perkembangan psikologi peserta didik. Perihal di atas diadakan untuk memfasilitasi, memberikan kenyamanan pada peserta didik dalam mengoptimalkan potensi belajarnya dan peserta didik menjadi tahan dalam belajarnya, karena sekolah menjadi rumah kedua baginya.
Sebagai tempat belajar, SMP Negeri 3 Candi memiliki konsep belajar sebagai berikut:
1.      Sekolah yang Tidak Membebani
Sekolah dirancang sebagai tempat belajar yang tidak membebani peserta didik, membuat mereka menjadi riang, senang dan tahan dalam belajar. Proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif yaitu integrated learning, joyful learning, contextual teaching and learning dan cooperative learning.
2.      Sebagai Proses Magang
Keberhasilan sekolah bukan terletak pada tingginya nilai rapot atau ijazah tetapi keberhasilan sekolah diukur dari kesuksesan peserta didik setelah terjun di masyarakat kelak. Guna menyongsong masa depan peserta didik, maka SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo membekali peserta didik dengan keterampilan hidup/life skill agar mereka nantinya dapat mandiri di tengah-tengah masyarakat, termasuk juga di dalamnya pendidikan karakter bangsa. Hal ini penting untuk membentengi mereka dari pengaruh budaya-budaya dari luar yang tidak sesuai dengan kepribadian dan budaya bangsa Indonesia.
3.      Menumbuhkan Rasa Ke-Bhineka-Tunggal-Ekaan
Setiap peserta didik adalah sebagai makhluk individu yang memiliki perbedaan, maka dengan perbedaan tersebut memiliki keunikan masing-masing yang harus dihargai. Sebagai bentuk penghargaan atas perbedaan tersebut, SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo mewujudkannya dalam bentuk metode pembelajaran yang dapat mengakomodasi semua perbedaan. Sehingga peserta didik diberi kebebasan dalam mengaktualisasi potensinya dalam berbagai bidang, misalnya dibidang seni budaya, dibidang ekonomi, dibidang olahraga dan kesehatan, dibidang politik dan dibidang pertahanan dan keamanan.
4.      Terampil Mengolah Informasi
Dalam proses pembelajaran SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo selalu mengajak para peserta didik untuk belajar menangkap informasi, kemudian mengolahnya dan mengkomunikasikan kembali informasi yang telah diolah tersebut menjadi informasi baru. Kemampuan untuk memadukan dua atau lebih informasi menjadi informasi baru merupakan bentuk latihan dalam menghadapi persoalan kehidupan sehari-hari. Sering kitadihadapkan pada beberapa persoalan hidup yang harus segera dapat diselesaikan jalan keluarnya. Jika peserta didik sudah terlatih dan terbiasa menyelesaikan permasalahannya sendiri sejak di bangku sekolah,maka mereka nantinya akan menjadi manusia-manusia yang mandiri tahan dan ulet dalam menghadapi segala persoalan kehidupanya.
C. KONDISIPESERTA DIDIKDAN ORANG TUA
SMP Negeri 3 Candi dalam mengembangkan kemampuan peserta didik mengelompokkan jenis kemampuan menjadi dua yakni kemampuan akademik dan kemampuan non akademik.Untuk pengembangan kedua kemampuan ini sekolah sering melibatkan orang tua peserta didik dalam pelaksanaannya. Misalnya dalam kegiatan keagamaan yang berupa PHBI (Peringatan Hari Besar Agama Islam), pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana untuk kelancaran kegiatan pembelajaran.Peningkatan mutu pendidikan yang berupa Bimbel (Bimbingan Belajar), kegiatan out door learning (pembelajaran di luar sekolah), pengembangan diri (kegiatan ekstrakurikuler).
Bentuk kerjasama sekolah dengan orang tua peserta didik dalam hal ini dapat berupa pembiayaan (penyandang dana), sebagai nara sumberdalam kegiatan keagamaandan lain-lain kegiatan yang rutin dilakukan.

D. MASYARAKAT SEKITAR SEKOLAH
SMP Negeri 3 Candi terletak di komplek perumahan TNI AL, yang kondisi masyarakat sekitarnya sudah terbiasa dengan kehidupan yang disiplin, tertib dan taat terhadap peraturan yang ada.Sedangkan masyarakat di luar komplek perumahan memiliki karakter yang agamis dan semangat kerja yang tinggi, sehingga kondisi seperti ini banyak mempengaruhi suasana belajar di sekolah.




BAB II
POTENSI SMP NEGERI 3 CANDI

A.    SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam merupakan potensi utama dalam pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang luar biasa besarnya. Pengelolaan kedua sumber daya ini dengan baik dan benar merupakan jaminan atas kelangsungan hidup di masa mendatang.
SMP Negeri 3 Candi menempati area seluas 6.000 m2 dengan alokasi 60% untuk lahan bangunan, 20% untuk lahan halaman sekolah dan 20% untuk lahan hijau yang berupa taman sekolah. Dengan lahan yang tidak luas ini, masih dapat digunakan sebagai modal bagi kami untuk memberi peluang pada peserta didik memanfaatkan sebagai media belajarnya. Kurikulum pembelajaran kami siapkan untuk mendekatkan dan kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.
SMP Negeri 3 Candi secara teratur melaksanakan kegiatan out door learning ke berbagai tempat baik di dalam maupun di luar kota, sesuai dengan tujuan dan target pembelajaran. Kegiatan out door learning ini, seperti kunjungan ke Taman Safari Prigen, Eco Green Kota Batu menjadi salah satu tujuan dan program kerja SMP Negeri 3 Candi. Masih banyak lagi tempat-tempat yang dikunjungi sebagai alternatif sumber belajar. Sifat hubungan seperti ini sudah ditingkatkan menjadi hubungan kerja sama yang lebih erat dan berkesinambungan.

B.     SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang tidak kalah pentinya dalam mengelola lingkungan hidup di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Guru-guru yang berpotensi dan memiliki latar pendidikan yang bervariasi, memberi peluang pada pendidikan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo untuk berkembang lebih optimal dalam mengelola dan peduli terhadap lingkungan hidup. Pendekatan yang diterapkan pada peserta didik tidak hanya dari satu sudut pandang, namun bisa dikembangkan menjadi beberapa pendekatan yang berbeda. Pembuatan batik jumput misalnya, dapat dilihat dari sudut pandang saint, social, kewira usahaan, dan seni rupa. Hal ini disebabkan para pengajar berani dalam berinovasi dan para peserta didik berani untuk mencoba sesuatu yang baru.
Wali peserta didik/orang tua peserta didik SMPNegeri 3 Candi Sidoarjo juga berperan penting dalam proses pembelajaran. Dengan variasi profesi yang dimiliki, orang tua peserta didik sering diminta untuk menjadi mitra kerja atau membantu sarana dan prasarana untuk kelancaran proses pembelajaran.

C.     DAYA DUKUNG MASYARAKAT
Konsep pembelajaran selalu berusaha untuk belajar bersama masyarakat merupakan salah satu bentuk unggulan metode pembelajaran di SMP negeri 3 Candi Sidoarjo. Beberapa kali peserta didik dan guru bekerja sama dengan masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh dari  wilayah SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo. Misalnya kegiatan bakti social dan kemasyakatandi Bulan Ramadhan berupa pembagian zakat fitrah, infaq dan sedekah pada masyarakat fakir-miskin, anak-anak yatim-piatu, panti asuhan di sekitar sekolah,mengikuti pameran pendidikan serta pembagian daging qurban di Hari Raya Idul Adha merupakan kegiatan rutin tahunan yang di selenggarakan di SMPNegeri 3 Candi Sidoarjo. Kegiatan tersebut merupakan upaya sekolah dalam mewujudkan hubungan yang baik antara warga sekolah dengan masyarakat di sekitarnya, disamping itu sebagai pendidikan sosial kemasyarakatan bagi peserta didik. Kegiatan sosialisasi penanaman pohon dan pembibitan  juga dilakukan dengan tujuan pelestarian lingkungan. Baru-baru ini, beberapa peserta didik SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo dan PRAMUKA bekerja sama untuk melakukan sosialisasi pelestarian lingkungan hidup di sekitar sekolah.

D.    DAYA DUKUNG PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendukung penuh usaha yang dilakukan SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo dalam kepedulian terhadap lingkungan hidup. Bupati Sidoarjo telah mengeluarkan SK Bupati nomor 58 Tahun 2008 dan surat keputusan Bupati 188/48/KEP/429.012/2007 tentang Tim Pelaksana Program Adiwiyata Kabupaten Sidoarjo. Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo sangat gencar melakukan pembinaan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo dengan tujuan agar sekolah binaannya menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan hidup dan peduli terhadap lingkungan hidup atau menjadi sekolah Adiwiyata.

Beberapa bentuk kerja sama yang pernah dilakukan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo dengan instansi yang terkait dengan lingkungan hidup antara lain Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Sidoarjo, Badan Lingkungan Hidup (BLH)Kabupaten Sidoarjo,Puskesmas Candi, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sidoarjo dan Pemerintahan Desa Sugihwaras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar